TEMPLATE ERROR: Unterminated string literal in [data:blog.pageName + " - Lirik Lagu, Motivasi, Sharing, Pelajar, Ilmu pengetahuan, Edukasi;] before 91

Rabu, 08 Februari 2012

Dasar Negara (PANCASILA)

 Kawan, Seperti yang kita ketahui, dan seperti yang kita ucapin bareng-bereng pas hari senin waktu lagi upacara bendera, bahwa dasar negara kita yaitu Pancasila. Siapa yang belum apal Pancasila??? Pasti orangnya nggak pernah ikut upacara bendera. Langkah-berlari kali ini juga mau memberikan asupan edukasi ke kawan-kawan sekalian tentang dasar negara yang ada pada pelajaran kelas X SMA.

DASAR NEGARA
 Kawan, setiap negara pasti punya dasar / falsafat tertentu. naaah falsafah itulah yang menjadi cerminan, atau watak, atau tujuan (cita-cita) dari rakyat atau bangsa. Setiap negara juga memiliki dasar filosofi yang berbeda satu sama lain. naah yang membedakan ya cita-cita, cara pandang, dan kepribadian negara itu sendiri. JADI Dasar Negara itu merupakan "Philosophice grondslag" atau dasar falsafah negara.
 Falsafah berasal dari bahasa Yunani yaitu philos = sahabat dan sophie = pengetahuan yang bijaksana. Jadi, Dasar falsafah = pedoman pikiran / pengetahuan yang bijaksana.
 Dasar negara yang dianut oleh INDONESIA adalah PANCASILA. Pancasila sebagai dasar negara juga berkedudukan sebagai norma objektif dan norma tertinggi dalam negara, dan merupakan sumber dari segala sumber hukum. Sebagaimana tertuang dalam TAP.MPRS No. XX/MPRS/1996, jo.TAP.MPRno. V/MPR/1973, jo.TAP.MPR No. IX/MPR/1978. Penegasan kembali pancasila sebagai dasar negara tercantum dalam TAP.MPR No. XVIII/MPR/1998.


Fungsi Pancasila:
  1. Dasar berdiri dan tegaknya negara.
  2. Dasar kegiatan penyelenggara Negara.
  3. Dasar partisipasi warga negara.
  4. Dasar pergaulan antar warga negara.
  5. Dasar dan sumber hukum nasional.


SEJARAH RUMUSAN DASAR NEGARA INDONESIA
Nah... Kali ini ada penjabaran tentang sejarah terjadinya perumusan dasar negara Indonesia:
  • Sidang BPUPKI (Tanggal 9 Mei 1945 - 1 Juni 1945)
  • Piagam Jakarta (Dibentuk oleh panitia kecil yang diketuai oleh Ir. Soekarno pada tanggal 22 Juni 1945).
  • Sidang PPKI (18 Agustus 1945) MENETAPKAN UUD 1945 dengan perubahan pada pembukaan UUD 1945 khususnya dasar negara dengan rumusan:
    1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
    2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
    3. Persatuan Indonesia.
    4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan.
    5. Keadilan Sosial bagi seluru rakyat Indonesia.
  • Konstitusi RIS yang terdapat Rumusan NEgara RIS
    1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
    2. Peri kemanusiaan.
    3. Kebangsaan.
    4. Kerakyatan.
    5. Keadilan sosial.
  • UUDS 1950 Terdapat rumusan dasar negara NKRI.
    1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
    2. Peri kemanusiaan.
    3. Kebangsaan.
    4. Kedaulatan rakyat.
    5. Keadilan Sosial.
  • Setelah Dekret Presiden 5 juli 1959, kembali pada UUD 1945.
    Sebagai dasar negara, Pancasila tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alinea IV. Pancasila yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 itu merupakan landasan yuridis konstitusional dan dapat disebut ideologi negara. Pancasila juga mempunyai ikatan secara hukum sehingga peraturan hukum / ketatanegaraan yang bertentangan dengan pancasila harus dicabut.
Menurut Prof. Dr. Notonegoro S. H., Pancasila sebagai dasar negara mempunyai kedudukan yang istimewa dalam hidup kenegaraan dan hukum bagi negara Indonesia, yaitu sebagai pokok kaidah yang fundamental. Dengan demikian, pancasila mempunyai kedudukan hukum yang tetap, dan berarti tidak dapat diubah siapapun. Sebagai pokok kaidah yang fundamental, pancasila menjadi dasar dan sumber bagi UUD dan harus dijadikan dasar juga bagi peraturan-peraturan dibawahnya.

Sekian bahasan tentang Dasar negara, dan ini dikutip dari buku LKS PKn dan buku catatanku sendiri...

3 komentar: