TEMPLATE ERROR: Unterminated string literal in [data:blog.pageName + " - Lirik Lagu, Motivasi, Sharing, Pelajar, Ilmu pengetahuan, Edukasi;] before 91

Minggu, 26 Februari 2012

Nemathelminthes (Cacing Gilig)

Nemathelmintes. Nama yang aneh. Kalo kawan mau cari tau soal nemathelmintes, kawan bisa liat postingan ini. Berlari jauh ke pembahasan, nemathelmintes juga ternyata membahas hewan aneh juga kawan. Nemathelmintes aalah cacing gilig. Yang hidup di perairan atau tanah. Biar nggak penasaran, lebih baik kita langsung ke pembahasan. 

NEMATHELMINTHES

Nemathelminthes berasal dari bahasa yunani yaitu Nema=benang, helminthes=cacing. Kenapa disebut cacing gilig??? Karena bentuknya bulat panjang seperti benang. Nemathelminthes disebut pseudoselomata atau Belum memiliki rongga tubuh sejati. 

Ciri-Ciri Nemathelminthes:

  • Endoparasit pada manusia dan hewan.
  • Hidup bebas di perairan.
  • Simetri bilateral.
  • Tripoblastik pseudoselomata.
  • Tubuh tertutup lapisan kutikula.
  • Organ pencernaan memanjang dari anterior ke posterior.
  • Diesis.
  • Reproduksi secara seksual.
  • Dibagi menjadi nematoda dan nematophora.
Jadi dapat disimpulkan kalo Nemathelminthes itu memang parasit pada manusia dan hewan. Mau tau apa saja Pembagian pembagian nematoda dan nematophora??? aku kasih penjelasan sedikit. Jadi, simak baik-baik, dan jangan kemana-mana.

ASCARIS LUMBRICOIDES (Cacing Perut)
Seperti namanya, cacing ini hidup di perut manusia. (Hayo bayangin di perut kawan ada cacingnya). Ascaris lumbricoides ini bukan hemaprodit. melainkan hewan diesis atau jenis kelaminnya berbeda. 

ANCYLOSTOMA DUODENALE (Cacing Tambang)
Cacing Tambaang. Kenapa dinamakan cacing tambang?? Karena ditemukan di pertambangan daerah tropis. Hidup sebagai parasit dengan menyerap darah dan cairan tubuh pada usus halus pada manusia. Ukuran cacing tambang ini lebih kecil dari Cacing ascaris diatas. cacing ini terdapat dalam tinja manusia yang terinfeksi. Cacing ini dapat menembus kaki, dan menginfeksi orang yang tanpa menggunakan alas kaki mengijak tinja tersebut. (Beneran lho). 

OXYURIS VERMICULARIS (Cacing Kremi) 
Cacing kremi ukurannya sangat kecil, dan hidup di usus besar manusia. Cacing ini tidak berpengaruh besar, tapi cukup mengganggu. Infeksi cacing kremi ini tidak memerluka perantara. Telur cacing kremi ini dapat masuk ke tubuh kita dengan cara tertelan melalui makanan atau pernafasan. 

Sebenernya masih banyak pembahasan tentang cacing-cacing. Tapi karena udah terlalu pusing sama mual liat postingan ini apalagi waktu browsing-browsing gambar cacing, jadi aku kasih contoh-contoh aja langsung tanpa pembahasan.


Contoh Nematoda.
  • Ascaris Lumbricoides.
  • Oxyuris vermicularis.
  • Wuchereria bancrofti
  • Heterodera radicicola
  • Loa loa
Contoh Nematophora
  • Gordius sp
  • Nectonema sp
Capek kawan bikin postingan ini. Intinya dari pembahasan-pembahasan diatas, yaitu kita jangan sampai kena penyakit cacingan. Bahaya. Segera pakai obat cacing kalo kawan ngerasa ada yang aneh di tubuh kawan. 

10 komentar:

  1. :l: hoax gak gan?

    BalasHapus
  2. Anonim : Yaa menurut aku baca di google sih gitu gan.. :b:

    BalasHapus
  3. cacing tambang gak hoax itu, di buku pelajaran ipa gw aja :v

    BalasHapus
  4. cacing tambang gak hoax itu, di buku pelajaran ipa gw ada :v

    BalasHapus
  5. Good Gan :b:
    Tp bikin agak mual :f:
    Hehehe :d:

    BalasHapus
  6. :l: Nyari Lebih banyak lagee

    BalasHapus
  7. terimakasih gan atas infonya :o:

    BalasHapus
  8. bagus gan :b:
    jadi referensi bagus nih :o:

    BalasHapus